Embun pagi
🌙〰 🌃 Kesempatan Berubah dibulan Ramadhan!

Romadhon hampir tiba, tak terasa waktu berjalan dan berlalu hampir setahun dari romadhan yang lalu. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu karena kemulian dan keutamaannya.

Bulan ini adalah bulan pengampunan dan rahmat serta dimudahkan beramal sholih padanya.
Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam :
إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ – وَفِيْ رِوَايَةٍ : أَبْوَابُ الْجَنَّةِ- وَفِيْ رِوَايَةٍ:   أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ

Apabila masuk bulan Romadhon maka dibukalah pintu langit dalam satu riwayat dikatakan:  pintu syurga dan dalam riwayat lainnya: pintu-pintu rahmat.- ditutup pintu-pintu jahannam dan para syaitan dibelenggu.
(HR al-Bukhori dan Muslim).

Demikian juga sabda beliau:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Siapa yang menghidupkan malam qadar dalam keadaan iman dan mencari pahala maka Allah ampuni dosanya yang telah lalu dan siapa yang berpuasa dalam keadaan iman dan mencari pahala maka Allah ampuni dosanya yang telah lalu.
(HR al-Bukhori).

Jadikanlah bulan ini sebagai awal menuju kebaikan dimasa mendatang dan titik tolak perubahan dari yang ada menuju yang lebih baik dan sempurna.

Semua ini membutuhkan muhaasabah (introspeksi diri) dari setiap kita. Inilah yang dianjurkan dalam syariat islam seperti diungkapkan kholifah Umar bin al-Khath-thab dalam pernyataan beliau: “Muhasabahlah terhadap dirimu sebelum kamu dihisab dan timbang-timbanglah sebelum kamu ditimbang.”

Introspeksi diri ini memberikan kesempatan kepada kita untuk mengetahui kesalahan dan titik kelemahan kita, lalu dapat mendorong kita menjadi lebih baik lagi.
Hal ini disampaikan kholifah Ali bin Abi Tholib: hasil dari introspeksi diri adalah perbaikan diri.

Tidak ada satu bulanpun yang dapat menandingi Ramadhon dalam masalah ini. Romadhan adalah bulan terbaik dan pas untuk melakukan muhasabah. Dibulan yang mulia ini kita-kita dilarang makan dan minum serta syahwat lainnya yang biasa kita lakukan keseharian.Hal hal ini tentunya dapat menumbuhkan kesadaran dan memberikan kesempatan untuk perbaikan diri.

Banyaknya berdoa dan ibadah dibulan ini tentunya memberikan pembinaan dan pendidikan ruhiyah kepada diri kita. Ramadhan juga merupakan puncak untuk melakukan amal Sholeh yang lebih besar dan luas lagi di banding dengan bulan bulan lainnya Karna kebaikan dan amal Sholeh di bulan Ramadhan Allah lipatgandakan nilai dan pahalanya.

Marilah kita gunakan kesempatan emas ini untuk mencapai kesuksesan dunia dan akherat. Meningkatkan Ibadah dan amal Sholeh kita menajadikan hari harinya penuh dengan kebaikan.

Walhamdulillah🙏

Open chat
Ada yang dibantu ?
Assalamualaikum WR. WB.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Terimakasih sudah menghubungi kami,